NewsGpgo.inGopego MagzFans Art

Elektrobiblioteka, Kendalikan Interface Komputer dengan Sebuah Buku

08 Sep 2012
Elektrobiblioteka, Kendalikan Interface Komputer dengan Sebuah Buku

Saat ini ada beragam cara untuk mengendalikan sesuatu, termasuk komputer. Jika sebelumnya Anda sudah menyimak bagaimana sebuah tanaman bisa mengendalikan komputer, kali ini ada cara baru lagi yang tidak kalah menarik, terutama bagi Anda yang gemar membaca buku.

Buku yang dulu hanya dapat kita temui dalam bentuk fisik dengan berlembar-lembar kertas, kini sudah mengalami transformasi menjadi bentuk digital yang dikenal dengan istilah e-book. Meski tidak bisa disentuh ataupun dibalik seperti halnya buku konvensional, tapi buku ini masih berfungsi sebagai media baca. Buku adalah bagian dari pengalaman komputasi.

Namun, seorang desainer Polandia, Waldek Wegrzyn, memutuskan untuk melakukan hal yang sebaliknya. Ia bermaksud membuat komputasi tergantung pada sebuah buku. Ia menghubungkan interface dari komputer dengan sebuah buku elektronik. Dengan cara ini, ketika Anda membalik halaman buku, halaman web juga akan ikut terbalik. Pada dasarnya Anda telah mengendalikan interface komputer dengan sebuah buku.

Wegrzyn mengatakan bahwa ia mengerjakan proyek ini karena terinspirasi dari desainer El Lissitzky. Lissitzky menggambarkan buku sebagai sesuatu yang independen dari ruang dan waktu. Wegrzyn mengacu pada ‘The topography of typography’, sebuah teks Lissitzky yang mencoba untuk mengeksplorasi hubungan antara teknologi dan buku.

Elektrobiblioteka saat ini sudah online, tetapi ini adalah website Polandia, jadi jika Anda tidak mengerti bahasa Polandia, Anda harus bergantung pada penerjemah atau mungkin Google translate untuk mengetahui konten di dalamnya.

Source