NewsGopego PlayGopego Magz

Microsoft Siapkan Pesaing Siri untuk Windows Phone, Secanggih Otak Manusia

18 Jun 2013
Microsoft Siapkan Pesaing Siri untuk Windows Phone, Secanggih Otak Manusia

Siri bukan teknologi baru tetapi debutnya sebagai layanan built-in di iPhone 4S tak urung telah menyedot perhatian dunia. Meskipun Android memiliki banyak aplikasi serupa Siri sementara Samsung juga telah memiliki S-Voice, tetap saja Siri dinilai sebagai pelopor layanan voice assistant pertama di smartphone. Dan karenanya, banyak perusahaan yang berusaha meniru Siri, termasuk Microsoft.

Mengenai kepastian hal tersebut, dikabarkan bahwa Microsoft telah berhasil mengembangkan sebuah teknologi yang diberi nama ‘deep neural networks.’ Teknologi ini dikatakan mampu memproses ucapan lisan sebaik yang dilakukan oleh otak manusia.

Seperti Anda tahu, otak manusia adalah piranti paling canggih yang mampu memahami dan mengolah setiap kata yang terucap. Terinspirasi oleh hal itu, Microsoft mengklaim teknologi pesaing Siri yang berhasil diciptakannya akan mampu bekerja seperti cara otak manusia memahami ucapan lisan.

“Kami tengah mencoba meniru cara otak manusia mendengarkan dan menginterpretasi ucapan,” jelas direktur Microsoft Bing, Stefan Weitz.

Dengan teknologi tersebut, Microsoft menjamin kemudahan bagi pengguna Windows Phone handset dalam menggunakan suara untuk keperluan mengirim SMS, misalnya. Hal serupa juga bisa dilakukan untuk melakukan pencarian via web, serupa dengan kemampuan Siri di iPhone.

Microsoft mengklaim teknologi baru tersebut 15% lebih akurat dibanding teknologi speech recognition yang telah ada di Windows Phone saat ini. Selain itu disebutkan kemampuannya dalam mengubah suara ke dalam teks juga lebih cepat. Dengan demikian maka Bing sebagai mesin pencari akan bisa menampilkan hasil pencarian lebih cepat ke hadapan pengguna.

Yang menarik, diam-diam Microsot telah merilis teknologi pesaing Siri yang dimaksud kepada pengguna Windows Phone di Amerika. Belum ada komentar dari pengguna Windows Phone mengenai hal ini tetapi bisa dipastikan dalam beberapa hari mendatang akan bisa dirasakan perbedaan dari kemampuan fitur voice recognition di Windows Phone. Tunggu saja ;)

Source